Contoh Surat Klaim Pengaduan Yang Tepat dan Benar - Surat klaim (pengaduan) adalah surat pemberitahuan dari pemesan/pembeli kepada penjual, karena barang-barang yang diterimanya tidak sesuai dengan pesanan. Surat pengaduan dibuat karena, jumlah/mutu barang tidak sesuai, kerusakan, keterlamabatan, atau pengingkaran isi perjanjian.
Untuk menyusun surat pengaduan, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :
30 Desember 2016
Nomor : 35/IM/IV/2016
Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta
Hal : Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp : 1 (satu) lembar faktur
Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :
1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC
Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.
Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
TOKO INGIN MAJU
IKHSAN
Pemilik
Semoga dengan satu Contoh Surat Klaim (Pengaduan) Yang Tepat diatas dapat menjadi bahan referensi bagi anda yang hendak membuatnya untuk keperluan tertentu. Sekian dan semoga contoh surat kali ini dapat bermanfaat bagi anda.
Terkait dengan:
contoh surat klaim atau pengaduan
contoh surat balasan pengaduan klaim
contoh surat penyelesaian klaim/pengaduan
contoh surat niaga pengaduan klaim
contoh surat penyelesaian klaim atau pengaduan
contoh surat dagang pengaduan atau klaim
contoh surat klaim pengaduan
contoh surat klaim/pengaduan
Untuk menyusun surat pengaduan, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :
- Hubungkan dengan nomor dan tanggal surat pesanan.
- Ungkapkan dengan bahasa yang sopan meskipun anda merasa tidak puas.
- Sebutkan jenis dan jumlah barang yang anda adukan.
- Jelaskan sebab-sebab atau alasan-alasan yang logis tentang pengaduan tersebut dengan bukti yang nyata.
- Jelaskan penyelesaian pengaduan yang anda kehendaki dengan tidak merugikan kedua belah pihak.
TOKO INGIN MAJU
Jln. Ketapang No. 10a
Banda Aceh
30 Desember 2016
Nomor : 35/IM/IV/2016
Kepada
PT Elektronik Maju
Jln. Buntu No. 202
Jakarta
Hal : Pengaduan Kerusakan Barang
Lamp : 1 (satu) lembar faktur
Dengan hormat,
Barang pesanan dari Saudara yang berupa :
1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC
Telah kami terima. Atas pelayanan Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Pada waktu barang pesanan dibuka, kami sedikit kecewa karena ternyata terdapat 5 Unit Kaca TV yang pecah sehingga tidak dapat dijual.
Oleh sebab itu dengan sangat menyesal, kami menyatakan bahwa 5 unit TV yang pecah akan kami kembalikan, kami mohon Saudara mengirimkan 5 unit TV yang baru. Bersama ini pula kami lampirkan faktur pembelian barang tersebut untuk lebih mempermudah penyelesaian persoalan tersebut.
Atas perhatian Saudara, kami sampaikan terima kasih.
Hormat kami,
TOKO INGIN MAJU
IKHSAN
Pemilik
Semoga dengan satu Contoh Surat Klaim (Pengaduan) Yang Tepat diatas dapat menjadi bahan referensi bagi anda yang hendak membuatnya untuk keperluan tertentu. Sekian dan semoga contoh surat kali ini dapat bermanfaat bagi anda.
Terkait dengan:
contoh surat klaim atau pengaduan
contoh surat balasan pengaduan klaim
contoh surat penyelesaian klaim/pengaduan
contoh surat niaga pengaduan klaim
contoh surat penyelesaian klaim atau pengaduan
contoh surat dagang pengaduan atau klaim
contoh surat klaim pengaduan
contoh surat klaim/pengaduan