-->

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja
Dalam dunia kerja, surat pengalaman kerja menjadi salah satu hal yang penting bagi seseorang. Karena surat ini bisa menjadi salah satu nilai plus bagi anda dalam melamar sebuah pekerjaan. Surat pengalaman kerja sendiri adalah surat pernyataan resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk diberikan kepada karyawan yang sudah mengundurkan diri atau tidak bekerja lagi pada perusahaan tersebut. Namun perlu diingat, sudah pengalaman kerja ini biasanya hanya dikeluarkan bagi karyawan yang mengundurkan diri secara baik-baik dan masih memiliki hubungan yang baik terhadap perusahaan tersebut.

Oleh karena hal itu, biasanya surat ini menandakan bahwa anda merupakan salah satu pergawai yang baik selama masa kerja di perusahaan yang lama. Surat ini umumnya dikeluarkan oleh bagian kepegawaian / personalia disebuah perusahaan tertentu, namun juga tidak menutup kemungkinan langsung dikeluarkan oleh direktur perusahaan.

Mengenai fungsinya, surat lamaran pekerjaan ini biasanya juga dilampirkan pada surat lamaran pekerjaan. Karena tidak sedikit perusahaan yang meminta surat pengalaman kerja sebagai salah satu syarat untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Tujuannya tentu saja agar mereka dapat memilih karyawan yang benar-benar berkualitas untuk perusahaan mereka. Surat pengalaman kerja sendiri dapat dikeluarkan bagi karyawan yang sudah bekerja lebih dari satu tahun.

Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips dalam membuat surat pengalaman kerja. Salah satu tipsnya adalah surat yang anda buat atau lampirkan harus mengandung beberapa unsur seperti yang ada di bawah ini. Apa saja kira-kira? Mari simak ulasan lengkapnya.

1. Kepala Surat

Unsur yang pertama adalah Kepala Surat, dalam kepala surat harus tercantum nama perusahaan, alamat, nomor telepon, website dan email (apabila ada)

2. Nomor Surat

Unsur yang berikutnya adalah nomor surat. Apabila mencantumkan nomor surat, pastikan surat tersebut dibuat dalam waktu dekat.

3. Pengesahan

Pengesahan adalah hal yang penting. Dalam surat ini dibutuhkan juga keterangan mengenai orang yang mengesahkan surat pengalaman kerja tersebut yang meliputi, nama, jabatan dan alamat yang ditulis dengan benar dan tepat.

4. Isi surat

Yang selanjuntya adalah isi surat. Isi surat merupakan keterangan tentang karyawan bersangkutan yang juga meliputi nama, alamat, rentang waktu ia bekerja serta pernyataan-pernyataan pendukung lainnya.

5. Tanda tangan dan stempel (jika ada)

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami berikan sebuah contoh surat pengalaman kerja.

PT. Berkah Lestari
Jl. Mataram No. 78 Jakarta
Website: www.berkahlestari.com, Telp: (021) 1234567, Faks: (021) 5678230
=========================================================================

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
No. : 15/HRD/V/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama      : Dina Mentari, S.H
Jabatan   : Direktur PT. Berkah Lestari
Alamat    : Jl. Mataram No. 78 Jakarta
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama      : Jenita Cahya Ningrum, S.E
Alamat    : Jl. Dempo III No. 65 Jakarta

Benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin terhitung sejak 01 Januari 2012 sampai dengan 31 Desember 2016, dengan jabatan terakhir sebagai Manager Keuangan.

Selama menjadi karyawan kami, Saudari Jenita Cahya Ningrum, S.E telah menunjukkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap perusahaan dan tidak pernah melakukan hal-hal yang merugikan perusahaan. Dalam hal ini yang bersangkutan mengundurkan diri atas kemauannya sendiri.

Kami berterima kasih dan berharap semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses dimasa yang akan datang.

Demikian surat keterangan ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 09 Januari 2017




Dina Mentari, S.H
Direktur

Contoh surat pengalaman kerja diatas menjadi penutup perjumpaan kita kali ini. Sampai jumpa diulasan menarik yang berikutnya. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar