Dalam dunia usaha tentu ada saja hal yang kerap tidak berjalan sesuai dengan harapan. Misalnya saja dalam dunia perdagangan yang melibatkan barang dagangan. Adanya komplain tentu menjadi hal yang biasa dalam hal perdagangan tersebut. Nah salah satu hal yang paling sering dijumpai adalah komplain terhadap sebuah barang yang tidak sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan penjual ataupun pembeli.
Jika dalam skala kecil mungkin komplain tersebut dalam langsung disampaikan kepada pihak yang bersangkutan secara lisan atau dengan datang menemui pihak terkait. Namun untuk perdagangan besar, komplain tersebut biasanya disampaikan dengan menggunakan surat komplain atau yang dikenal dengan sebutan surat klaim. Tujuannya adalah untuk memberitahukan dari pihak pembeli atau pemesan kepada pihak penjual karena adanya barang yang tidak sesuai dengan pesanan.
Berikut ini adalah beberapa alasan dibuatnya surat klaim atau surat komplain tersebut.
Berikut kami akan memberikan beberapa tips membuat surat komplain atau surat klaim barang yang baik dan benar. Karena walaupun hal ini merupakan sebuah komplain, tetap harus dilakukan dengan cara yang benar.
PT. Laksana Indah Permai
Jalan Jendral Sudirman No 28
Komplek Palem Mutiara, Telp (021) 669325
Kota Jakarta 15120
Jakarta Timur
Nomor : 59/AK/VI/2017 10 April 2017
Kepada
Yth. Manager Pemasaran PT. Makmur Meubel
Jalan Anggrek No.56
Bandung
Dengan hormat,
Dengan ini kami beritahukan bahwa, kiriman Saudara berupa :
1. 6 buah Meja Jati
2. 3 buah Kursi Teras
3. 6 buah Meja Makan
4. 2 Sofa Jati
Hormat kami,
Zahira Azahra
Jika dalam skala kecil mungkin komplain tersebut dalam langsung disampaikan kepada pihak yang bersangkutan secara lisan atau dengan datang menemui pihak terkait. Namun untuk perdagangan besar, komplain tersebut biasanya disampaikan dengan menggunakan surat komplain atau yang dikenal dengan sebutan surat klaim. Tujuannya adalah untuk memberitahukan dari pihak pembeli atau pemesan kepada pihak penjual karena adanya barang yang tidak sesuai dengan pesanan.
Berikut ini adalah beberapa alasan dibuatnya surat klaim atau surat komplain tersebut.
- Jumlah barang tidak sesuai dengan pesanan
- Adanya keterlambatan pengiriman barang
- Adanya kerusakan pada barang pesanan
- Pengingkaran perjanjian yang telah disepakati bersama
Berikut kami akan memberikan beberapa tips membuat surat komplain atau surat klaim barang yang baik dan benar. Karena walaupun hal ini merupakan sebuah komplain, tetap harus dilakukan dengan cara yang benar.
- Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah menghubungkan antara tanggal dan nomor surat pesanan.
- Menyampaikan komplain dengan bahasa yang baik dan santun
- Sertakan kepada siapa surat tersebut ditujukan
- Sebutkan jumlah barang yang tidak sesuai dengan kesepakatan
- Sebutkan juga alasan anda mengirimkan komplain tersebut.
- Sampaikan komplain anda dengan singkat, padat, dan jelas agar tidak terlalu berbelit-belit.
PT. Laksana Indah Permai
Jalan Jendral Sudirman No 28
Komplek Palem Mutiara, Telp (021) 669325
Kota Jakarta 15120
Jakarta Timur
Nomor : 59/AK/VI/2017 10 April 2017
Lampiran : –
Hal : PENGADUAN ATAS KIRIMAN BARANG
Hal : PENGADUAN ATAS KIRIMAN BARANG
Kepada
Yth. Manager Pemasaran PT. Makmur Meubel
Jalan Anggrek No.56
Bandung
Dengan hormat,
Dengan ini kami beritahukan bahwa, kiriman Saudara berupa :
1. 6 buah Meja Jati
2. 3 buah Kursi Teras
3. 6 buah Meja Makan
4. 2 Sofa Jati
Telah sampai di tempat kami, dan kami mengucapkan terima kasih.
Namun, dengan sangat menyesal kami harus sampaikan bahwa setelah muatan barang kami buka, ternyata di mobil pertama yang bernomor polisi D 3625 SK ada sebuah kursi teras yang rusak. Kerusakannya yaitu terdapat di bagian kaki kursi yang patah.
Menurut kami, kerusakan lemari es tersebut disebabkan karena pengepakan barang yang kurang pas sehingga ketika proses pengiriman barang, kursi tersebut terjatuh atau tertimpa barang lainnya.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini kami minta kepada Saudara agar dapat segera mengirimkan penggantinya dan kami akan segera pula mengirimkan barang yang rusak tersebut ke alamat Saudara atas beban biaya Saudara.
Demikian keterangan yang dapat kami sampaikan, dan atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
Namun, dengan sangat menyesal kami harus sampaikan bahwa setelah muatan barang kami buka, ternyata di mobil pertama yang bernomor polisi D 3625 SK ada sebuah kursi teras yang rusak. Kerusakannya yaitu terdapat di bagian kaki kursi yang patah.
Menurut kami, kerusakan lemari es tersebut disebabkan karena pengepakan barang yang kurang pas sehingga ketika proses pengiriman barang, kursi tersebut terjatuh atau tertimpa barang lainnya.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka dengan ini kami minta kepada Saudara agar dapat segera mengirimkan penggantinya dan kami akan segera pula mengirimkan barang yang rusak tersebut ke alamat Saudara atas beban biaya Saudara.
Demikian keterangan yang dapat kami sampaikan, dan atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
Zahira Azahra
Manager Pemasaran